#Part 270 - Suasana Kebersamaan

#Part 270 - Suasana Kebersamaan

Sahur adalah suatu keadaan dimana umat muslim seluruh dunia bangun malam untuk makan/minum alakadarnya kemudian berniat puasa. Sahur dikategorikan Sunah, Niat dan Puasanya dikategorikan wajib.
Alarmku tak terdengar hinggu ibu membangunkan aku. (aku kira seperti adegan di televisi hingga aku dibangunkan oleh ibu sambil mengguncangkan tubuhku dan jika belum bangun juga ibu akan menyiramnya. Haha, tidak seperti itu).
Sambil sahur aku coba menyelami perasaan mereka yang tinggal dikolong jembatan, dipinggiran jalan, para pengamen yang usianya masih dini untuk mencari makan apakah mereka menikmati makan sahur seperti aku. Nenekku ngomel (marah-marah) ketika anaknya (pamanku) cerai dengan istrinya (bibiku) dan keponakanku sekarang apakah mereka menikmati lagi masa-masa dibangunkan oleh ibu untuk sahur? Daripada hanyut terbawa perasaan, suasana kebersamaanlah yang dicari dan didapat meski kita sendiri. Dan di pondok pesantren pun sama yang dicari adalah suasana kebersamaan, meninggalkan suasana dirumah, ayah juga ibu. Tidak jauh berbeda juga dengan mereka yang berada di asrama/yayasan orang tua asuh saat kecil yang tak tahu ayah ibunya, di asuh oleh orang tua asuh. Betul, meski berdua dengan nenek, berdua dengan ibu, berdua dengan ayah, meski hanya dengan teman, meski hanya dengan orang tua asuh, yang dicari adalah suasana kebersamaan dalam sahur. Semoga sahur kita berkah dalam ramadhan setiap tahunnya, dikuatkan hingga menjelang berbuka puasa. Ada yang sudah beli baju Lebaran? Hahaha.




No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top