#Part 46 - Nyi Roro Kidul singgah di ibukota

#Part 46 - Nyi Roro Kidul singgah di ibukota


Lama tak terdengar kisahnya, Nyi Roro Kidul kembali menjadi perbincangan. Pameran 99 lukisan ratu pantai selatan tersebut digelar di Jakarta. Tak main-main, pameran berlangsung di hotel berbintang.

Pameran yang dimulai sejak kemarin, tersebut berlangsung di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat. Sekitar 99 lukisan Nyai Roro Kidul mulai harga ratusan ribu hingga paling mahal Rp 45 juta rupiah dipajang di sana. Kenapa bisa memamerkan lukisan Nyai Roro Kidul?

Lukisan dengan 99 karakter yang berbeda itu akan dilelang selama pameran yang akan berlangsung sampai 6 Mei mendatang.

"Lukisan ini oleh pelukisnya memang sengaja dihadirkan untuk memunculkan suasana pada masa-masa kerajaan dahulu," kata penanggung jawab pameran serta penasihat spiritual, Kanjeng Jadmiko Radu Kusumo Ningrat.

99 Lukisan Ratu Pantai Selatan itu merupakan karya F Suardy. Menurut Jadmiko, pemeran dilaksanakan sebagai perwujudan rasa kepedulian pelukis dengan warga masyarakat lainnya.

"Hasil lelang itu sendiri, pertama untuk kesejahteraan para pelukisnya itu sendiri, karena memang seniman pelukis ini boleh dikata minim perhatian, mereka berjuang dengan susah payah untuk hidupnya, karena memang hanya dengan melukis mereka bisa mencari nafkah," jelas Jadmiko.

F Suardy, sang pelukis, menyebutkan lukisan termahal seharga Rp 45 juta. Lukisan itu menggambarkan sosok Nyi Roro Kidul sedang memegang tongkat. "Harganya tergantung ukuran dan juga tergantung dari nilai pokok kesulitan pengerjaannya," kata Suardy di sela-sela acara pembukaan pameran kemarin.

Meski demikian, menurut Suardy, ada satu lukisan yang menggambarkan keagungan Nyi Roro Kidul, meski bukan menjadi yang termahal. "Yang paling menonjol yaitu karakter kekuasaan yang ditunjukan dengan duduk di singgasana," kata Suardy yang mengenakan pakaian hitam-hitam itu.

Nyi Roro Kidul adalah sebuah mitos masyarakat pesisir pantai selatan yang hingga saat ini menjadi misteri. Sosoknya yang cantik jelita, digambarkan oleh warga sebagai penunggu pantai selatan. Wajahnya cantik bak putri, suka menolong warga yang tersesat di laut. Banyak versi tentang putri jelita ini. Namun hingga kini, sosok Nyi Roro Kidul masih misteri.

Saat pembukaan pameran, dua dari 99 lukisan itu dibawa ke podium. Dua lukisan masing-masing menggambarkan sosok Nyi Roro Kidul sedang keluar dari pusaran air dengan seekor naga; dan duduk di sebuah singgasana. Dalam dua lukisan itu, Nyi Roro Kidul mengenakan pakaian hijau.

Sumber: merdeka | Berita Terbaru




No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top