#Part 272 - Saat Taraweh

#Part 272 - Saat Taraweh

Sebenarnya saya rada-rada bingung juga Taraweh apa Tarawih? ah biarkan yang penting Taraweh itu adalah shalat sunah ketika di bulan Ramadhan, dilaksanakan secara berjama'ah 21 Raka'at dan 3 Raka'at shalat witir.
Banyak cerita dan banyak hal yang mungkin nggak bakalan dilupakan semasa hidup dari kecil sampe gede, nah pada postingan saya kali ini saya akan berbagi cerita yang mungkin bisa bikin kamu senyum-senyum sendiri. Ingat cuma tersenyum bukan sakaratul maut. hehe..
Ketika saya kecil, saya sering bolos Taraweh dan sekarang kebiasaan itu semakin berkurang seiring waktu berjalan, mungkin kamu - kamu juga merasakan hal yang sama ketika kecil sering Taraweh sambil lari-larian sekarang posisi sholat kamu berjejer bersama bapak-bapak.. kalo kamu wanita pasti sering ngemil mie yang dimakan mentah sambil ngegosip dan ngunyem-ngunyem sambil sholat.. iya khan?
Kemudian kita sering nggak ikut takbirotul ikhram dan cuman diem duduk kemudian pas tahiyyat akhir baru ngikut sambil nunjuk, ada juga hal yang paling sering kita lakukan waktu dulu hingga sekarang adalah teriak takbir dan amin sekenceng-kencengnya tanpa ada larangan dari siapa pun, mungkin ada yang tau bahwa semakin kenceng kita amin maka semakin cepat doa terkabulkan, tapi hanya ada dibulan Ramadhan.
Kemudian ada tradisi yaitu Mikra atau Miqra, yakni tadarus Al - Qur'an secara berjama'ah di surau, di mushola, di mesjid. Masing-masing orang bertadarus satu orang satu Juz Al-Qur'an, jadi jika tiap malam ada 30 orang maka satu bulan bisa khatam 30 kali, bahkan Rosulullah juga para Waliyullah bisa khatam Al-Qur'an tiap harinya itu pun dilain bulan Ramdhan. Subhanallah. Masya Allah. Tabarokallah. Hanya ada saat bulan Ramdhan. Marilah kita budayakan Tradisi yang diwarisi oleh Rosulullah juga Waliyullah untuk kita lestarikan hingga ke anak cucu kita. Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.. :)




No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top