FORMAT FILE DALAM HANDPHONE DAN WEB

FORMAT FILE DALAM HANDPHONE DAN WEB

kata 3GP? - Kependekan dari file 3GPP (3rd Generation Patnership Project File Format). Format file ini merupakan format file hasil perjanjian dan kolaborasi sejumlah standar telekomunikasi terkemuka yang dikenal sebagai "Organizational Patner". Di dalamnya termasuk ARIB, CCSA, EITSI, TTA dan TTC. Walau demikian, format file ini dapat juga dijalankan pada beberapa ponsel berteknologi 2G dan 4G,bahkan di komputer dan notebook dengan menggunakan aplikasi pemutar tertentu.

FIle 3GP adalah format file video dan audio yang umumnya berjalan pada ponsel yang memiliki dukungan video capture. format video 3GP dapat menampung stream video MPEG-4 dan H.263. Untuk audio, format file ini menampung stream audio bertipe AMR dan AAC.

Flash Video merupakan format file yang digunakan untuk menyimpan video dari Internet yang menggunakan program Adobe Flash Player atau yang diproduksi oleh Macromedia versi 6 hingga 10. Content Flash Video biasa juga masuk ke dalam file SWF. Terdapat dua format file video yang berbeda yang didefinisikan oleh Adobe System dan support Adobe Flash Player, yakni FLV dan F4V. Data audio dan video dalam file FLV dikodekan dengan cara yang sama seperi dalam file SWF. Sementara format file F4V berbasis foprmat media file ISO dan support dengan Flash Player 9 update 3 yang dirilis desember 2007 lalu.

Format FLV (Flash Video) sendiri menjadi format pilihan standard untuk file video di web. Situs yang biasa mencantumkan format file video FLV adalah YouTube, Google Video, Yahoo! Video, metacafe, Reuters.com, dan banyak provider lainnya. Format file FLV Flash Video biasanya memiliki material dengan code yang diikuti dengan format kompresi Sorenson Spark atau video VP6. Biasanya file FLV mengandung bit stream video yang juga ada di video standard H.263. Sementara Sorenson Park adalah kode lama dari file FLV yang sudah digunakan secara luas, dan kode yang di-support oleh Flash Player. Sedangkan VP6 merupakan kompresi video untuk digunakan dengan Flash Player 8 dan di atasnya. On2 VP6 dapat menyediakan kualitas visual lebih bagus dibandingkan Sorenson Park, khususnya ketika menggunakan bit rate yang lebih rendah. Namun, On2 VP6 lebih kompleks dan tidak bisa dijalankan di konfigurasi system komputer lama.
Sementara Flash Player sekarang ini kebanyakan selain support file FLV dan F4V, juga support dengan video H.264 atau yang dikenal dengan nama MPEG-4, dan audio HE-AAC. File Flash Video juga kompatibel dapat dilihat di berbagai system operasi, via Adobe Flash Player dan plugin web browser atau salah satu program third-party di web.(h_n)

Pengertian JPEG,BMP,GIF,TIFF,PNG

Joint Photographic Experts Group (JPEG) adalah format gambar yang banyak digunakan untuk menyimpan gambar-gambar dengan ukuran lebih kecil. Beberapa karakteristik gambar JPEG:
Memiliki ekstensi .jpg atau .jpeg.
Mampu menayangkan warna dengan kedalaman 24-bit true color.
Mengkompresi gambar dengan sifat lossy.
Umumnya digunakan untuk menyimpan gambar-gambar hasil foto.

JPEG berbeda dengan MPEG (Moving Picture Experts Group) yang menyediakan kompresi untuk video

PNG (Portable Network Graphics) adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut (Inggris lossless compression).

PNG dibaca “ping”, namun biasanya dieja apa adanya – untuk menghindari kerancuan dengan istilah “ping” pada jaringan komputer.

Format PNG ini diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan citra GIF. Secara umum PNG dipakai untuk Citra Web (Jejaring jagad Jembar – en:World Wide Web).

Untuk Web, format PNG mempunyai 3 keuntungan dibandingkan format GIF:
Channel Alpha (transparansi)
Gamma (pengaturan terang-gelapnya citra en:”brightness”)
Penayangan citra secara progresif (progressive display)

Selain itu, citra dengan format PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (5%-25% lebih baik dibanding format GIF).

Satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format adalah dukungan terhadap penyimpanan multi-citra untuk keperluan animasi.

Untuk keperluan pengolahan citra, meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan citra – karena format ini selain tidak menghilangkan bagian dari citra yang sedang diolah (sehingga penyimpanan berulang ulang dari citra tidak akan menurunkan kualitas citra) namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik.

Graphics Interchange Format (GIF) merupakan salah satu format gambar yang banyak digunakan. Beberapa karakteristik format gambar GIF:
Mampu menayangkan maksimum sebanyak 256 warna karena format GIF menggunakan 8-bit untuk setiap pixel-nya.
Mengkompresi gambar dengan sifat lossless
Mendukung warna transparan dan animasi sederhana

Format GIF pertama kali diperkenalkan oleh CompuServe pada 1987.

Animated GIF

Salah satu jenis format GIF adalah GIF89a. GIF dengan format ini dapat menampilkan gambar animasi atau disebut animated GIF.

Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna.

Ukuran sebenarnya untuk n-bit (2n warna) bitmap dalam byte dapat dihitung:

ukuran file BMP , dimana tinggi dan lebar dalam pixel.

Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi, yang menunjukkan seberapa tajam gambar ini ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom, contohnya 1024×768.

Untuk menampilkan citra bitmap pada monitor atau mencetaknya pada printer, komputer menterjemahkan bitmap ini menjadi pixel (pada layar) atau titik tinta (pada printer). Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP, PCX dan TIFF.

The TIFF (Tagged Image File Format) adalah format gambar yang fleksibel biasanya menyimpan 16-bit per warna – merah, hijau dan biru untuk total 48-bit – atau 8-bit per warna – merah, hijau dan biru untuk total 24-bit – dan menggunakan nama file atau perpanjangan TIFF TIF. TIFF yang kedua adalah fleksibilitas fitur, dan kutukan, dengan tidak ada satu pembaca semua mampu menangani berbagai jenis file TIFF. TIFF dapat lossy atau lossless. Beberapa jenis TIFF menawarkan kompresi lossless relatif baik untuk tingkat dua (hitam dan putih, tidak abu-abu) gambar. Beberapa tinggi-akhir kamera digital memiliki pilihan untuk menyimpan gambar dalam format TIFF, menggunakan algoritma kompresi LZW untuk lossless penyimpanan. TIFF format gambar yang tidak didukung penuh oleh web browser, dan tidak boleh digunakan di World Wide Web. TIFF masih secara luas diterima sebagai file foto standar dalam industri percetakan. TIFF adalah mampu menangani perangkat-warna ruang khusus, seperti yang ditetapkan oleh CMYK tertentu menetapkan pencetakan tekan inks.
 
MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil. MP3 dikembangkan oleh seorang insinyur yang berasal dari jerman Karlheinz Brandenburg. MP3 memakai pengodean PCM (Pulse Code Modulation). Berkas yang mempunyai nama lengkap MPEG-1 Audio Layer ini mengurangi jumlah bit yang diperlikan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia.
Standar MPEG-1 tidak menspesifikasikan secara spesifik cara melakukan encode MP3. Sebaliknya, algoritma decode serta format file didefinisikan secara spesifik. Yang ingin mengimplementasikan encoder MP3 harus membuat sendiri algorima untuk menghilangkan bagian dari informasi pada file audio asal (atau pada representasi MDCT pada ranah frekuensi).
Karena itu, maka cara encode setiap encoder MP3 berlainan dan menghasilkan kualitas hasil yang berlainan juga. Hal yang harus diperhatikan adalah dari semua encoder yang ada, terdapat encoder yang bagus untuk bitrate tinggi maupun encoder yang bagus untuk bitrate rendah.



AMR (Adaptive Multi Rate) merupakan file Audio codec yang terkompressi, file ini ber ekstensi AMR, dan berukuran sangat kecil, File ini dihasilkan dari sebuah encoder yang menyesuaikan dengan kemampuan processing dan streaming MCU/CPU, sehingga file yang dihasilkan memiliki bit-rate yang sesuai dengan MCU/CPU/Processor yang digunakan, file ini biasanya lebih banyak di tanamkan pada perangkat mobile (Embeded File), dan bisa di transformasikan dalam bentuk file MP3.


WAV (WAVeform Audio Format) Merupakan file Audio yang tidak terkompressi dan berukuran besar, file ini berbasis track Audio, Sehingga Encoder dalam menghasilkan file WAV tidak ditentukan oleh kekuatan streaming processor/mcu/cpu, bit-rate yang dihasilkan tergantung bit-rate modul sound card dan store-age yang digunakan. File WAV bisa disebut file yang universal, karena bbisa di kompressi ke beberapa jenis file Audio/format Audio. Karena data-data digit kode Audio didalam file WAV sangat lengkap secara menyeluruh, sehingga encoder file lebih mudah menerjemahkan algoritma data Audio ke bentuk/transform format lainnya.


AAC (Advanced Audio Coding) merupakan file Audio yang terkompressi sangat kecil tapi mempertahankan kualitas suaranya, file ini dihasilkan oleh encoder yang memiliki algoritma dan logika digit code Audio yang rumit, maka dari itu file berukuran kecil tapi suara dan kualitasnya bisa dipertahankan oleh player dengan plugin tertentu, kinerja file ini pada saat di encode maupun di putar player tertentu ditentukan oleh kemampuan streaming dan encoding dari processeor/mcu/cpu dalam menerjemahkan kode digit Audio dalam format AAC, sehingga bisa terdengar menjadi signal Audio yang bisa diperdengarkan usernya.



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top