CARA ANAK SUPAYA BELAJAR DAN FAKTOR - FAKTOR SUPAYA ANAK GIAT BELAJAR

CARA ANAK SUPAYA BELAJAR DAN FAKTOR - FAKTOR SUPAYA ANAK GIAT BELAJAR

Faktor internal
Faktor internal adalah Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu dan dapat memengaruhi hasil belajar individu. Faktor-faktor internal ini meliputi Faktor fisiologis dan Faktor psikologiss.
  1. Faktor fisiologis : Faktor-faktor fisiologis adalah Faktor-Faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik individu.
  2. Faktor psikologis : Faktor –faktor psikologis adalah keadaan psikologis seseorang yang dapat memengaruhi proses belajar. Beberapa Faktor psikologis yang utama memngaruhi proses belajar adalah kecerdasan siswa, motifasi , minat, sikap dan bakat.
Faktor-faktor eksogen/eksternal
    Selain karakteristik siswa atau Faktor-faktor endogen, Faktor-faktor eksternal juga dapat memengaruhi proses belajar siswa.dalam hal ini, Syah (2003) menjelaskan bahwa faktaor-faktor eksternal yang memengaruhi balajar dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu Faktor lingkungan Sosial dan Faktor lingkungan nonsosial.
1)      Lingkungan Sosial
  1. Lingkungan Sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses belajar seorang siswa.
  2. Lingkungan Sosial massyarakat.
  3. Lingkungan Sosial keluarga.
2)      Lingkungan non Sosial.    
 Faktor-faktor yang termasuk lingkungan non sosial adalah;
  • Lingkungan alamiah, seperti kondisi udara yang segar, tidak panas dan tidak dingin, sinar yang tidak terlalu silau/kuat, atau tidak terlalu lemah/gelap, suasana yang sejuk dantenang. Lingkungan alamiah tersebut mmerupakan Faktor-faktor yang dapat memengaruhi aktivitas belajar siswa.
  • Faktor instrumental,yaitu perangkat belajar yang dapat digolongkan dua macam. Pertama, hardware, seperti gedung sekolah, alat-alat belajar,fasilitas belajar, lapangan olah raga dan lain sebagainya. Kedua, software, seperti kurikulum sekolah, peraturan-peraturan sekolah, bukupanduan, silabus.

UNDUH DOKUMEN LENGKAP DISINI BUNG!!



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top