Gambar dokumentasi pribadi |
Baiklah bertemu lagi di postingan yang bukan sekedar postingan receh, tapi lebih ke sekedar sharing. Di tahun 2019 ini pengguna angkutan umum semakin banyak dan salah satu untuk mengatasinya adalah menggunakan layanan jasa online. Mereka lebih ke menggunakan alternatif lain seperti Go-Jek dan Grab. Karena di daerah saya di Tangerang, sepertinya Go-Jek dan Grab lah yang ramai digunakan oleh pengguna jasa layanan ini. Jadi apa pun itu namanya sarana angkutan jasa seperti Go-Jek, Grab, Uber dan sebagainya merupakan pilihan lain.
Menurut saya, kedua layanan jasa ini besar pengaruhnya karena mereka ingin cepat sampai ketimbang harus naik angkot yang lama menunggu penumpang penuh terlebih dahulu barulah angkutan umum berangkat.
Saya sempat berpikir bahwa Grab itu jasa angkutan motor, ternyata Grab itu adalah jasa layanan antar ke tujuan menggunakan mobil.
Lebih duluan mana antara Go-Jek dan Grab? Jawabannya adalah lebih dulu ada Go-Jek. Dari mana saya tahu? ya, baca tentang kedua Layanan antar tersebut. Kalo Go-Jek ada di Indonesia tahun 2010, kalo Grab ada di Indonesia tahun 2012
Banyak fasilitas yang dikembangkan oleh kedua jasa layanan antar tersebut :
https://www.go-jek.com/about/ |
Dikutip dari Situs Go-Jek :
Bermula di tahun 2010 sebagai perusahaan transportasi roda dua melalui panggilan telepon, GO-JEK kini telah tumbuh menjadi on-demand mobile platform dan aplikasi terdepan yang menyediakan berbagai layanan lengkap mulai dari transportasi, logistik, pembayaran, layan-antar makanan, dan berbagai layanan on-demand lainnnya.
GO-JEK adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia. Kegiatan GO-JEK bertumpu pada 3 nilai pokok: kecepatan, inovasi, dan dampak sosial.
Para driver GO-JEK mengatakan bahwa pendapatan mereka meningkat semenjak bergabung sebagai mitra dengan mendapatkan akses ke lebih banyak pelanggan melalui aplikasi kami. Mereka juga mendapatkan santunan kesehatan dan kecelakaan, akses kepada lembaga keuangan dan asuransi, cicilan otomatis yang terjangkau, serta berbagai fasilitas yang lain.
GO-JEK telah beroperasi di 50 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Solo, Manado, Samarinda, Batam, Sidoarjo, Gresik, Pekanbaru, Jambi, Sukabumi, Bandar Lampung, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Mataram, Kediri, Probolinggo, Pekalongan, Karawang, Madiun, Purwokerto, Cirebon, Serang, Jember, Magelang, Tasikmalaya, Belitung, Banyuwangi, Salatiga, Garut, Bukittinggi, Pasuruan, Tegal,Sumedang, Banda Aceh, Mojokerto, Cilacap, Purwakarta, Pematang Siantar, dan Madura serta pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.
3 Pilar Go-Jek
GO-JEK adalah sebuah perusahaan teknologi berjiwa sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia. Kegiatan GO-JEK bertumpu pada 3 nilai pokok: kecepatan, inovasi, dan dampak sosial.
Para driver GO-JEK mengatakan bahwa pendapatan mereka meningkat semenjak bergabung sebagai mitra dengan mendapatkan akses ke lebih banyak pelanggan melalui aplikasi kami. Mereka juga mendapatkan santunan kesehatan dan kecelakaan, akses kepada lembaga keuangan dan asuransi, cicilan otomatis yang terjangkau, serta berbagai fasilitas yang lain.
GO-JEK telah beroperasi di 50 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Solo, Manado, Samarinda, Batam, Sidoarjo, Gresik, Pekanbaru, Jambi, Sukabumi, Bandar Lampung, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Mataram, Kediri, Probolinggo, Pekalongan, Karawang, Madiun, Purwokerto, Cirebon, Serang, Jember, Magelang, Tasikmalaya, Belitung, Banyuwangi, Salatiga, Garut, Bukittinggi, Pasuruan, Tegal,Sumedang, Banda Aceh, Mojokerto, Cilacap, Purwakarta, Pematang Siantar, dan Madura serta pengembangan di kota-kota lainnya pada tahun mendatang.
3 Pilar Go-Jek
1. Kecepatan
Melayani dengan cepat, dan terus belajar dan berkembang dari pengalaman.
2. Inovasi
Terus menawarkan teknologi baru untuk mempermudah hidup Anda.
3. Dampak Sosial
Memberikan dampak positif sosial sebesar-besarnya untuk masyarakat Indonesia.
Memberikan Dampak Sosial Melalui Teknologi
Di awali dengan memberitahu kepada semua orang bahwa kami adalah startup asli Indonesia dengan misi sosial. Kami ingin meningkatkan kesejahteraan sosial dengan menciptakan efisiensi pasar. Melalui teknologi kami berusaha menyebarkan dampak sosial yaitu kehidupan yang lebih baik untuk driver dan keluarganya dengan meningkatkan jumlah penghasilan mereka. Layanan utama GO-JEK sangat penting bagi kota dengan tingkat lalu lintas yang padat seperti Jakarta dan kota lainnya di mana kami beroperasi. GO-JEK menawarkan manfaat besar baik untuk para pelanggan dan penyedia jasa. sumber : (https://www.go-jek.com/about)
Melayani dengan cepat, dan terus belajar dan berkembang dari pengalaman.
2. Inovasi
Terus menawarkan teknologi baru untuk mempermudah hidup Anda.
3. Dampak Sosial
Memberikan dampak positif sosial sebesar-besarnya untuk masyarakat Indonesia.
Memberikan Dampak Sosial Melalui Teknologi
Di awali dengan memberitahu kepada semua orang bahwa kami adalah startup asli Indonesia dengan misi sosial. Kami ingin meningkatkan kesejahteraan sosial dengan menciptakan efisiensi pasar. Melalui teknologi kami berusaha menyebarkan dampak sosial yaitu kehidupan yang lebih baik untuk driver dan keluarganya dengan meningkatkan jumlah penghasilan mereka. Layanan utama GO-JEK sangat penting bagi kota dengan tingkat lalu lintas yang padat seperti Jakarta dan kota lainnya di mana kami beroperasi. GO-JEK menawarkan manfaat besar baik untuk para pelanggan dan penyedia jasa. sumber : (https://www.go-jek.com/about)
https://www.grab.com/id/about/ |
Dikutip dari situs Grab :
Pada tahun 2012 dikabarkan ada sekelompok teman yang sedang menikmati teh bersama. Seperti warga Asia Tenggara pada umumnya, mereka mulai mengeluh tentang sulitnya mendapat taksi.
Namun setelah itu, mereka melakukan sesuatu yang tidak biasa.
Mereka memutuskan untuk menyelesaikan masalah ini. Mereka merupakan inisiator kami, Grab (yang saat itu dikenal sebagai MyTeksi). Dalam yang waktu singkat, tujuan sederhana kami bertransformasi menjadi sesuatu yang lebih besar – membuat Asia Tenggara jadi tempat yang lebih baik.
Hari ini, Grab telah hadir di 8 negara di seluruh Asia Tenggara. Dan banyak orang seperti Anda, yang menggunakan layanan kami setiap harinya.
Tapi Anda lebih dari sekedar “angka” bagi kami. Seperti Anda, kami juga orang-orang Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, Cambodia, Myanmar, dan Filipina. Anda adalah tetangga kami. Teman. Keluarga. Dan apapun yang kami lakukan, itu untuk membawa kita semua… Maju Bersama.
Objektif yang kami tetapkan untuk kami capai tidaklah mudah. Namun, kami percaya bahwa suatu hari setiap orang di Asia Tenggara akan bisa bepergian dengan aman, nyaman, dan mudah menuju kantor, kampus, dan minum teh bersama teman.
Dengan hari-hari yang terus berjalan, kami semakin yakin untuk dapat mencapai hal ini. Karena ada Anda sekalian yang mengiringi kami, yang akan membantu kami tiba di tujuan kami. Itulah Grab yang sebenarnya. Mengumpulkan orang-orang untuk membuat hidup jadi lebih baik bagi semua. Maju Bersama. Sumber : (https://www.grab.com/id/about)
Namun setelah itu, mereka melakukan sesuatu yang tidak biasa.
Mereka memutuskan untuk menyelesaikan masalah ini. Mereka merupakan inisiator kami, Grab (yang saat itu dikenal sebagai MyTeksi). Dalam yang waktu singkat, tujuan sederhana kami bertransformasi menjadi sesuatu yang lebih besar – membuat Asia Tenggara jadi tempat yang lebih baik.
Hari ini, Grab telah hadir di 8 negara di seluruh Asia Tenggara. Dan banyak orang seperti Anda, yang menggunakan layanan kami setiap harinya.
Tapi Anda lebih dari sekedar “angka” bagi kami. Seperti Anda, kami juga orang-orang Malaysia, Singapura, Indonesia, Thailand, Vietnam, Cambodia, Myanmar, dan Filipina. Anda adalah tetangga kami. Teman. Keluarga. Dan apapun yang kami lakukan, itu untuk membawa kita semua… Maju Bersama.
Objektif yang kami tetapkan untuk kami capai tidaklah mudah. Namun, kami percaya bahwa suatu hari setiap orang di Asia Tenggara akan bisa bepergian dengan aman, nyaman, dan mudah menuju kantor, kampus, dan minum teh bersama teman.
Dengan hari-hari yang terus berjalan, kami semakin yakin untuk dapat mencapai hal ini. Karena ada Anda sekalian yang mengiringi kami, yang akan membantu kami tiba di tujuan kami. Itulah Grab yang sebenarnya. Mengumpulkan orang-orang untuk membuat hidup jadi lebih baik bagi semua. Maju Bersama. Sumber : (https://www.grab.com/id/about)
Itulah sekilas tentang Go-Jek dan Grab menurut saya di tahun 2019 ini, jika ada yang ingin menambahkan silahkan di komentar ya. Terima kasih kunjungannya.