Berikut ini adalah 4 dari 6 Tingkat Pencapaian Perkembangan Usia Anak 3 s.d. 4 tahun di jengjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), meski ke enam pencapaian itu penting tapi menurut saya 4 hal inilah yang menurut saya penting, kita baca bersama sebelum bosan.
Merangsang karakter anak dengan bercerita |
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-4 TAHUN
I.
NILAI-NILAI
AGAMA DAN MORAL
1. Mengetahui
perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman
perilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
2.
Mengetahui
arti kasih dan sayang kepada ciptaan Tuhan
3.
Mulai
meniru doa pendek sesuai dengan agamanya
II.
FISIK
MOTORIK
A.
Motorik
Kasar
1.
Berlari
sambil membawa sesuatu yang ringan (bola)
2.
Naik-turun
tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian
3.
Meniti di
atas papan yang cukup lebar
4.
Melompat
turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (di bawah tinggi lutut anak)
5. Meniru
gerakan senam sederhana seperti menirukan gerakan pohon, kelinci melompat)
6.
Berdiri
dengan satu kaki
B.
Motorik
Halus
1. Menuang
air, pasir, atau biji-bijian ke dalam tempat penampung (mangkuk, ember)
2.
Memasukkan
benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian)
3.
Meronce
benda yang cukup besar
4.
Menggunting
kertas mengikuti pola garis lurus
C.
Kesehatan
dan Perilaku Keselamatan
1.
Berat
badan sesuai Tingkat usia
2.
Tinggi
badan sesuai Tingkat usia
3.
Berat
badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar
kepala sesuai Tingkat usia
5.
Membersihkan
kotoran (ingus)
6.
Menggosok
gigi
7.
Memahami
arti warna lampu lalu lintas
8.
Mengelap
tangan dan muka sendiri
9.
Memahami
kalau berjalan di sebelah kiri
Yuk intip : Contoh Kerajinan Anak
III.
KOGNITIF
A.
Belajar
dan Pemecahan Masalah
1. Paham bila
ada bagian yang hilang dari suatu pola
gambar seperti pada gambar wajah orang matanya tidak ada, mobil bannya copot,
dsb
2.
Menyebutkan
berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula atau cabai)
3.
Menyebutkan
berbagai macam kegunaan dari benda
4.
Memahami
persamaan antara dua benda
5. Memahami
perbedaan antara dua hal dari jenis yang sama seperti membedakan antara buah
rambutan dan pisang; perbedaan antara ayam dan kucing
6.
Bereksperimen
dengan bahan menggunakan cara baru
7.
Mengerjakan
tugas sampai selesai
8.
Menjawab
apa yang akan terjadi selanjutnya dari berbagai kemungkinan
9.
Menyebutkan
bilangan angka 1-10
10. Mengenal beberapa huruf atau abjad tertentu
dari A-z yang pernah dilihatnya
B.
Berpikir
Logis
1.
Menempatkan
benda dalam urutan ukuran (paling kecil-paling besar)
2.
Mulai
mengikuti pola tepuk tangan
3.
Mengenal
konsep banyak dan sedikit
4.
Mengenali
alasan mengapa ada sesuatu yang tidak masuk dalam kelompok tertentu
5.
Menjelaskan
model/karya yang dibuatnya
C.
Berpikir
Simbolik
1.
Menyebutkan
peran dan tugasnya (misal, koki tugasnya memasak)
2. Menggambar
atau membentuk sesuatu konstruksi yang mendeskripsikan sesuatu yang spesifik
3.
Melakukan
aktivitas bersama teman dengan terencana (bermain berkelompok dengan memainkan
peran tertentu seperti yang telah direncanakan)
IV. BAHASA
A.
Memahami
Bahasa
1.
Pura-pura
membaca cerita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendiri
2.
Mulai
memahami dua perintah yang diberikan bersamaan contoh: ambil mainan di atas
meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik
B.
Mengungkapkan
Bahasa
1.
Mulai
menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (6 kata)
2.
Mulai
menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana
V.
SOSIAL
EMOSIONAL
A.
Kesadaran
Diri
1.
Mengikuti
aktivitas dalam suatu kegiatan besar (misal: piknik)
2.
Meniru apa
yang dilakukan orang dewasa
3.
Bereaksi
terhadap hal-hal yang tidak benar (marah bila diganggu)
4.
Mengatakan
perasaan secara verbal
B.
Tanggungjawab
Diri dan Orang lain
1.
Mulai bisa
melakukan buang air kecil tanpa bantuan.
2.
Bersabar
menunggu giliran.
3.
Mulai
menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok.
4.
Mulai
menghargai orang lain.
5.
Mulai
menunjukkan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan
C.
Perilaku
Prososial
1.
Membangun
kerjasama
2.
Memahami
adanya perbedaan perasaan (teman takut, saya tidak)
3.
Meminjam
dan meminjamkan mainan
Baca juga : Kerajinan Tangan dari Tanah Liat
VI. SENI
A.
Anak mampu
membedakan antara bunyi dan suara
1.
Mengenali
berbagai macam suara dari kendaraan
2.
Meminta
untuk diperdengarkan lagu favorit secara berulang
B.
Tertarik
dengan kegiatan musik, gerakan orang, hewan maupun tumbuhan
1.
Mendengarkan
atau menyanyikan lagu
2.
Menggerakkan
tubuh sesuai irama
3.
Bertepuk
tangan sesuai irama musik
4.
Meniru
aktivitas orang baik secara langsung maupun melalui media. (misal, cara
minum/cara bicara/perilaku seperti ibu)
5.
Bertepuk
tangan dengan pola yang berirama (misalnya bertepuk tangan sambil mengikuti
irama nyanyian)
C.
Tertarik
dengan kegiatan atau karya seni
1.
Menggambar
dengan menggunakan beragam media (cat air, spidol, alat menggambar) dan cara
(seperti finger painting, cat air, dll)
2.
Membentuk
sesuatu dengan plastisin
3.
Mengamati
dan membedakan benda di sekitarnya yang di luar rumah
SUMBER :
SUMBER :
STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) PAUD KURIKULUM 2013
PERMENDIKBUD
NO 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
No comments:
Post a Comment