Marilah kita simak apa saja tingkat pencapaian anak usia 4 - 5 tahun apakah sesuai dengan harapan bunda?
Bunda yang kreatif, persiapan merangsang saraf motorik |
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN
I.
NILAI-NILAI
AGAMA DAN MORAL
1.
Mengetahui
agama yang dianutnya
2.
Meniru
gerakan beribadah dengan urutan yang benar
3.
Mengucapkan
doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4.
Mengenal
perilaku baik/sopan dan buruk
5.
Membiasakan
diri berperilaku baik
6.
Mengucapkan
salam dan membalas salam
II.
FISIK
MOTORIK
A.
Motorik
Kasar
1.
Menirukan
gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb
2.
Melakukan
gerakan menggantung (bergelayut)
3.
Melakukan
gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4.
Melempar
sesuatu secara terarah
5.
Menangkap
sesuatu secara tepat
6.
Melakukan
gerakan antisipasi
7.
Menendang
sesuatu secara terarah
8.
Memanfaatkan
alat permainan di luar kelas
B.
Motorik
Halus
1.
Membuat
garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan
lingkaran
2.
Menjiplak
bentuk
3.
Mengkoordinasikan
mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
4.
Melakukan
gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai
media
5.
Mengekspresikan
diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6.
Mengontrol
gerakan tangan yang meggunakan otot halus
(menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)
C.
Kesehatan
dan Perilaku Keselamatan
1.
Berat
badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi
badan sesuai tingkat usia
3.
Berat
badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar
kepala sesuai tingkat usia
5.
Menggunakan
toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6.
Memahami
berbagai alarm bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7.
Mengenal
rambu lalu lintas yang ada di jalan
Baca juga : Kerajinan dari Stik Es Krim Agar Siswa Kreatif
III.
KOGNITIF
A.
Belajar
dan Pemecahan Masalah
1.
Mengenal
benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.
Mengenal
konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang,
temaram, dsb)
4.
Mengetahui
konsep banyak dan sedikit
5.
Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
masalah
6.
Mengamati
benda dan gejala dengan rasa ingin tahu
7.
Mengenal
pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
8.
Memahami
posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai
peserta didik/anak/teman)
B.
Berpikir
Logis
1.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2.
Mengenal
gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
3.
Mengklasifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang
berpasangan dengan 2 variasi
4.
Mengenal
pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
5.
Mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
C.
Berpikir
Simbolik
1.
Membilang
banyak benda satu sampai sepuluh
2.
Mengenal
konsep bilangan
3.
Mengenal
lambang bilangan
4.
Mengenal
lambang huruf
IV. BAHASA
A.
Memahami
Bahasa
1.
Menyimak
perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2.
Mengerti
dua perintah yang diberikan bersamaan
3.
Memahami
cerita yang dibacakan
4.
Mengenal perbendaharaan
kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
5.
Mendengar
dan membedakan bunyi- bunyian dalam
Bahasa Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan harus sama)
B.
Mengungkapkan
Bahasa
1.
Mengulang
kalimat sederhana
2.
Bertanya
dengan kalimat yang benar
3.
Menjawab
pertanyaan sesuai pertanyaan
4.
Mengungkapkan
perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani,
baik, jelek, dsb)
5.
Menyebutkan
kata-kata yang dikenal
6.
Mengutarakan
pendapat kepada orang lain
7.
Menyatakan
alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8.
Menceritakan
kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
9.
Memperkaya
perbendaharaan kata
10. Berpartisipasi dalam percakapan
C.
Keaksaraan
1.
Mengenal
simbol-simbol
2.
Mengenal
suara–suara hewan/benda
yang ada di sekitarnya
3.
Membuat
coretan yang bermakna
4.
Meniru
(menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z
V.
SOSIAL
EMOSIONAL
A.
Kesadaran
Diri
1.
Menunjukkan
sikap mandiri dalam memilih kegiatan
2.
Mengendalikan
perasaan
3.
Menunjukkan
rasa percaya diri
4.
Memahami
peraturan dan disiplin
5.
Memiliki
sikap gigih (tidak mudah menyerah)
6.
Bangga
terhadap hasil karya sendiri
B.
Rasa
Tanggungjawab Diri Sendiri dan Orang lain
1.
Menjaga
diri sendiri dari lingkungannya
2.
Menghargai
keunggulan orang lain
3.
Mau
berbagi, menolong, dan membantu teman
C.
Perilaku
Prososial
1.
Menunjukan
antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2.
Menaati
aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3.
Menghargai
orang lain
4.
Menunjukkan
rasa empati
VI. SENI
A.
Anak mampu
menikmati berbagai alunan lagu atau suara
1.
Senang
mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2.
Memainkan
alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
B.
Tertarik
dengan kegiatan seni
1.
Memilih
jenis lagu yang disukai
2.
Bernyanyi
sendiri
3.
Menggunakan
imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4.
Membedakan
peran fantasi dan kenyataan
5.
Menggunakan
dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6.
Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
7.
Menggambar
objek di sekitarnya
8.
Membentuk
berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
9.
Mendeskripsikan
sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh, anak
menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
10. Mengkombinasikan berbagai warna ketika
menggambar atau mewarnai
SUMBER :
SUMBER :
STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) PAUD KURIKULUM 2013
PERMENDIKBUD
NO 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
No comments:
Post a Comment