METODE INKUIRI (DISCOVERY LEARNING)
A.
Deskripsi
Inkuiri berasal dari kata to inquire yang berarti ikut serta, atau
terlibat dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan, mencari informasi, dan
melakukan penyelidikan.
Metode inkuiri adalah suatu cara
menyampaikan pelajaran yang meletakkan dan mengembangkan cara berfikir ilmiah
di mana peserta didik mengasimilasi suatu konsep atau prinsip, misalnya
mengamati, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, dan membuat
kesimpulan dan sebagainya.
Pembelajaran dengan menggunakan metode
inkuiri ini bertujuan untuk memberikan cara bagi peserta didik untuk membangun
kecakapan-kecakapan intelektual (kecakapan berpikir) terkait dengan
proses-proses berpikir reflektif.
B.
Kegunaan
1)
Metode inkuiri menekankan
kepada aktifitas peserta didik secara maksimal untuk mencari dan menemukan
sesuatu.
2)
Menempatkan peserta didik
sebagai subjek belajar
3)
Dalam proses belajarnya guru
memperkenankan peserta didik menemukan sendiri beragam informasi yang
dibutuhkan. Sehingga peserta didik dapat mengamati, menggolongkan, membuat
dugaan, menjelaskan, mengukur, dan membuat kesimpulan dan sebagainya
4)
Adanya sumber belajar dan alat
belajar yang dibutuhkan baik berupa : Buku, kitab, koneksi internet dll.
5)
Materi pembelajaran merupakan
materi yang bersifat pendalaman atau analisis.
6)
Susunan kelas diatur sedemikian
rupa sehingga memudahkan terlibatnya arus bebas pikiran peserta didik dalam
kegiatan belajar mengajar.
C.
Tahapan
1)
Kegiatan Awal (Pendahuluan) :
15 menit
a.
Guru membuka proses
pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
b.
Guru mengelola
kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
c.
Guru menyampaikan
penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
d.
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dari materi/tema yang akan dipelajari, yakni serta metode pembelajaran yang akan digunakan.
e.
Guru melakukan appersepsi
(sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau
konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan)
f. Guru memberi motivasi peserta didik.
2)
Kegiatan Inti (110 menit)
a.
Pembagian kelompok (Peserta didik membagi diri menjadi 5
kelompok dansetiap
kelompok terdiri dari 4-5 orang dan duduk sesuai dengan kelompoknya) pembagian kelompok
dilakukan secara acak. (5 menit)
b.
Guru membagi materi atau isu
(masalah) yang akan dipecahkan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta
didik (perumusan masalah) (5 menit)
c.
Peserta didik (setiap kelompok)
menetapkan jawaban sementara (hipotesis) terhadap isu atau masalah yang ditugaskan (10 menit)
d.
Peserta didik (setiap kelompok)
harus mencari dan menemukan konsep atau prinsip melalui proses penyelidikan
untuk mengumpulkan data. (45 menit)
e.
Peserta didik(setiap kelompok)
membuat kesimpulan jawaban secara tertulis (15 menit)
f.
Peserta didik mempresentasikan
hasil temuannya. (30 menit)
g.
Terjadinya proses tanya jawab
h.
Mengaplikasikan kesimpulan atau
generalisasi dari konsep atau data yang ditemukan.
3)
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru memberi umpan balik dan penguatan materi di
akhir pembelajaran.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan tentang topik materi pada pembelajaran selanjutnya, serta
tugas yang diberikan guru terkait pembelajaran selanjutnya.
c.
Mengajak semua peserta didik berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.
No comments:
Post a Comment