MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING

MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING


METODE INKUIRI (DISCOVERY LEARNING)

A.   Deskripsi
Inkuiri berasal dari kata to inquire yang berarti ikut serta, atau terlibat dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan, mencari informasi, dan melakukan penyelidikan.
Metode inkuiri adalah suatu cara menyampaikan pelajaran yang meletakkan dan mengembangkan cara berfikir ilmiah di mana peserta didik mengasimilasi suatu konsep atau prinsip, misalnya mengamati, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, dan membuat kesimpulan dan sebagainya.
Pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri ini bertujuan untuk memberikan cara bagi peserta didik untuk membangun kecakapan-kecakapan intelektual (kecakapan berpikir) terkait dengan proses-proses berpikir reflektif.

B.   Kegunaan
1)   Metode inkuiri menekankan kepada aktifitas peserta didik secara maksimal untuk mencari dan menemukan sesuatu.
2)   Menempatkan peserta didik sebagai subjek belajar
3)   Dalam proses belajarnya guru memperkenankan peserta didik menemukan sendiri beragam informasi yang dibutuhkan. Sehingga peserta didik dapat mengamati, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, dan membuat kesimpulan dan sebagainya
4)   Adanya sumber belajar dan alat belajar yang dibutuhkan baik berupa : Buku, kitab, koneksi internet dll.
5)   Materi pembelajaran merupakan materi yang bersifat pendalaman atau analisis.
6)   Susunan kelas diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan terlibatnya arus bebas pikiran peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar.

C.   Tahapan
1)   Kegiatan Awal (Pendahuluan) : 15 menit
a.    Guru membuka proses pembelajaran dengan memberi salam dan berdo’a,
b.   Guru mengelola kelas (mengecek kesiapan, absensi, tempat duduk, dan perlengkapan lainnya),
c.    Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai,
d.   Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran dari materi/tema yang akan dipelajari, yakni serta metode pembelajaran yang akan digunakan.
e.    Guru melakukan appersepsi (sejauh mana peserta didik memahami hubungan pelajaran yang lalu dan atau konsep yang dimiliki dengan materi yang akan diajarkan)
f.     Guru memberi motivasi peserta didik.

2)   Kegiatan Inti (110 menit)
a.    Pembagian kelompok (Peserta didik membagi diri menjadi 5 kelompok dansetiap kelompok terdiri dari 4-5 orang dan duduk sesuai dengan kelompoknya) pembagian kelompok dilakukan secara acak. (5 menit)
b.   Guru membagi materi atau isu (masalah) yang akan dipecahkan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta didik (perumusan masalah) (5 menit)
c.    Peserta didik (setiap kelompok) menetapkan jawaban sementara (hipotesis) terhadap isu  atau masalah yang ditugaskan (10 menit)
d.   Peserta didik (setiap kelompok) harus mencari dan menemukan konsep atau prinsip melalui proses penyelidikan untuk mengumpulkan data. (45 menit)
e.    Peserta didik(setiap kelompok) membuat kesimpulan jawaban secara tertulis (15 menit)
f.     Peserta didik mempresentasikan hasil temuannya. (30 menit)
g.    Terjadinya proses tanya jawab
h.   Mengaplikasikan kesimpulan atau generalisasi dari konsep atau data yang ditemukan.

3)   Kegiatan Penutup (10 menit)
a.    Guru memberi umpan balik dan penguatan materi di akhir pembelajaran.
b.   Peserta didik menyimak penjelasan tentang topik materi pada pembelajaran selanjutnya, serta tugas yang diberikan guru terkait pembelajaran selanjutnya.
c.    Mengajak semua peserta didik berdo’a untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran.



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top