MODEL PEMBELAJARAN CENTER PIECE

MODEL PEMBELAJARAN CENTER PIECE

Metode Center piece

A.   Diskripsi
Centerpiece yaitu pusat perhatian. Dalam istilah metode pembelajaran, centerpiece yaitu metode pembelajaran yang mengkondisikan siswa untuk mengeluarkan ide/gagasannya yang berbeda atau melengkapi ide dari siswa lain dan sebagai wahana untuk mengenal perbedaan pendapat yang berkembang di lingkungannya.

B.   Kegunaan
1)   Seluruh anak terlibat dalam diskusi
2)   Anak memiliki pandangan terbuka terhadap perbedaan
3)   Sangat cocok dengan tema-tema sosial.
4)   Melatih siswa untuk berpikir kritis dan logis
5)   Melatih siswa bertangung jawab atas gagasan dan pilihannya.
6)   Melatih siswa untuk menghargai pendapat.
7) Memudahkan untuk mengungkapkan pendapat dengan mereproduksi memori dalam bentuk tertulis.
C.   Langkah/tahapan:
1) Siswa berkelompok 4 sampai 5 kelompok. Masing-masing siswa mendapatkan satu lembar kartu/kertas.
2)   Guru menyiapkan pertanyaan yang merangsang berpikir kritis baik melalui kuis atau tertulis.
3)   Setiap siswa menuliskan jawaban di kartu tersebut. Siswa yang selesai menuliskan jawaban meletakkan kartu tersebut di tengah meja.
4)   Setiap siswa menukarkan kartu miliknya dengan kartu di meja kemudian membacanya lalu memberikan tanggapan sehingga setiap siswa membaca semua jawaban teman-temannya.
5)   Guru meminta konfirmasi siswa dengan ungkapan kunci ‘andaikata’ (what if)…… apa yang terjadi?



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top