Metode Center piece
A.
Diskripsi
Centerpiece yaitu pusat perhatian.
Dalam istilah metode pembelajaran, centerpiece yaitu metode pembelajaran yang
mengkondisikan siswa untuk mengeluarkan ide/gagasannya yang berbeda atau
melengkapi ide dari siswa lain dan sebagai wahana untuk mengenal perbedaan
pendapat yang berkembang di lingkungannya.
B.
Kegunaan
1)
Seluruh
anak terlibat dalam diskusi
2)
Anak
memiliki pandangan terbuka terhadap perbedaan
3)
Sangat
cocok dengan tema-tema sosial.
4)
Melatih
siswa untuk berpikir kritis dan logis
5)
Melatih
siswa bertangung jawab atas gagasan dan pilihannya.
6)
Melatih
siswa untuk menghargai pendapat.
7) Memudahkan
untuk mengungkapkan pendapat dengan mereproduksi memori dalam bentuk tertulis.
C.
Langkah/tahapan:
1) Siswa
berkelompok 4 sampai 5 kelompok. Masing-masing siswa mendapatkan satu lembar
kartu/kertas.
2)
Guru
menyiapkan pertanyaan yang merangsang berpikir kritis baik melalui kuis atau tertulis.
3)
Setiap
siswa menuliskan jawaban di kartu tersebut. Siswa yang selesai menuliskan
jawaban meletakkan kartu tersebut di tengah meja.
4)
Setiap
siswa menukarkan kartu miliknya dengan kartu di meja kemudian membacanya lalu
memberikan tanggapan sehingga setiap siswa membaca semua jawaban
teman-temannya.
5)
Guru
meminta konfirmasi siswa dengan ungkapan kunci ‘andaikata’ (what if)…… apa yang
terjadi?
No comments:
Post a Comment