MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (BERFIKIR KRITIS)

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (BERFIKIR KRITIS)

PROBLEM BASED LEARNING (BERFIKIR KRITIS)

A. Deskripsi
Pembelajaran berbasis masalah adalah pembelajaran yang menyajikan berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari sebagai sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan  dan sekaligus mengembangkan kemampuan berfikir kritis. Masalah diberikan kepada peserta didik, sebelum peserta didik mempelajari konsep atau materi yang berkenaan dengan masalah yang harus dipecahkan. Masalah bisa disajikan dalam bentuk gambar, tulisan, film pendek atau power point.

B. Tahapan
  1. Pembagian kelompok (4-5 orang)
  2. Instruksi guru sangat jelas apa yang harus dilakukan siswa dan apa yang harus dilakukan guru
  3. Membagikan  materi dan melakukan penelaahan terhadap masalah-masalah yang akan dipecahkan.
  4. Mengklarifikasi kesulitan yang diangkat dari masalah.
  5. Peserta didik diajak menjawab pertanyaan tentang ”apa yang perlu kita ketahui tentang masalah yang kita hadapi? setelah melakukan diskusi dan konsultasi
  6. Menyusun rencana tindakan yang didasarkan pada hasil temuan mereka
  7. Belanja informasi
  8. Peserta didik menyampaikan pengetahuan hasil pemecahan masalah (tulisan, gambar dll)
  9. Penguatan oleh guru

C. Kegunaan
  1. Pengelompokan secara heterogen ras, suku, golongan dan kecerdasan sehingga bisa mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien.
  2. Membantu peserta didik dalam memperoleh berbagai pengalaman dalam mengubah tingkah laku karena tidak hanya menguasai pengetahuan tetapi juga sikap sesuai dengan isi proses pembelajaran tersebut.
  3. Mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah sehingga peserta didik aktif dalam membangun pengetahuannya sendiri dan bias mengatasi permasalahan dalam kehidupannya sehari-hari.



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top