MODEL PEMBELAJARAN STICK NAME
A. Deskripsi
Menjalankan kegiatan belajar mengajar dengan banyak melibatkan peserta didik secara merata baik secara lisan maupun tulisan dengan berpatokan kepada stick yang bertuliskan nama masing-masing peserta didik
B. Tahapan
1) Pembukaan pelajaran dengan berdoa
Menyiapkan doa yang akan dibaca dalam bentuk lembar kertas atau tayangan Salah satu peserta didik memimpin doa yang diikuti semua.
2) Absen kesiapan peserta didik
Menanyakan kesiapan peserta didik mengikuti pelajaran dengan menggunakan stickname sebagai alat penunjukannya. Menjawab sesuai yang difahami atau yang dibaca.
3) Pengantar Materi Pelajaran
4) Tanggapan peserta didik secara lisan
- memperhatikan tanggapan peserta didik
- mencatat poin-poin penting di papan tulis
- mengontrol jalannya tanggapan agar tidak terfokus pada satu dua anak saja dengan menggunakan stickname
- menanggapi apa yang difahami dari pengantar guru
5) Catatan poin-poin penting guru atas tanggapan peserta didik
Menguraikan lebih lanjut berkaitan dengan catatan poin-poin penting dari peserta didik.
Memperhatikan uraian atau tanggapan guru.
6) Tanggapan balik dari guru
Memfokuskan kembali diskusi yang telah dilakukan kepada topic pembahasan, Mengasosiakan apa yang difahami dengan uraian guru.
7) Peserta didik menulis berdasarkan instruksi guru
Menyiapkan intruksi-instruksi yang akan dikerjakan peserta didik secara tertulis dan Melaksanakan instruksi guru secara tertulis
8) Guru memberi penguatan materi
- Menyiapkan alat/media yang dibutuhkan untuk penguatan materi
- Menyampaikan penguatan materi
- Mencermati penguatan yang diberikan oleh guru
- Menyimpulkan dari apa yang difahami dari proses PBM dari awal sampai akhir
C. Kegunaan
- Melatih kepercayaan diri
- Membiasakan anak berdoa
- Anak terbiasa siap mengikuti pelajaran
- Kelas segera terfokus pada pelajaran
- Mengontrol keaktifan peserta didik
- Menghargai orang lain dengan memperhatikan apa yang disampaikan guru
- Mencontoh menggunakan media untuk memudahkan suatu pekerjaan
- Tumbuh berani menyampaikan argumentasi atau pendapat berkaitan dengan materi pelajaran
- Saling menghargai pendapat orang lain
- Disiplin mengikuti aturan KBM
- Cermat atas apa didengar
- Menghargai pendapat sendiri
- Tidak ada pendapat yang sia-sia
- Menyadari bahwa apa yang telah didiskusikan bersama akan memberikan sesuatu yang penting untuk kemajuan kelas
- Setiap yang terlibat dalam KBM pasti memberikan kontribusi bagi kemajuan kelas
- Membiasakan peserta didik untuk senantiasa menulis apa yang telah dipelajari
- Menumbuhkan kesadaran pentingnya menulis untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan suatu ilmu
- Memperkuat pemahaman peserta didik
- Melatih peserta didik untuk senantiasa mengulang apa yang telah dipelajari
No comments:
Post a Comment