MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE

MODEL PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE

QUESTION STUDENT HAVE

 A. Deskripsi
Strategi Questions Student Have ini digunakan untuk mempelajari tentang keinginan dan harapan peserta didik sebagai dasar untuk mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Strategi ini menggunakan sebuah teknik untuk mendapatkan partisipasi peserta didik melalui tulisan. Hal ini sangat baik digunakan pada peserta didik yang kurang berani mengungkapkan pertanyaan, keinginan dan harapan-harapannya melalui percakapan.

B. Langkah-langkah
  1. Sebelum pembelajaran dimulai terlebih dahulu dilakukan setting kelas dengan membagi kelompok (4-5 orang anggota).
  2. Mengadakan pre tes sebelum pembelajaran dimulai, terkait dengan KD yang akan diajarkan.
  3. Memberi penjelasan secara singkat tentang strategi dan tata cara Questions Student Have  yang akan diterapkan
  4. Peserta didik diberi waktu 20 menit untuk membaca materi pembelajaran pada buku panduan atau sumber belajar yang telah disiapkan.
  5. Selanjutnya peserta didik diminta  untuk menuliskan pertanyaan dari materi yang belum dipahami dengan diberi waktu 5 menit pada belangko lembar pertanyaan yang telah disiapkan.
  6. Melalui aba-aba guru, masing-masing diminta untuk memberikan pertanyaan yang telah ditulis kepada teman dalam kelompoknya searah jarum jam untuk dibaca selanjutnya diberi tanda centang, jika pertanyaan tersebut juga ingin ditanyakan dan jika tidak diminta memberi tanda strip, diputar hingga blangko tersebut kembali kepada pemiliknya.
  7. Pemilik lembar pertanyaan diminta menghitung tanda centang yang ada pada blangkonya dan dihitung jumlah tanda centang yang diperoleh di samping kanan pertanyaan.
  8. Pertanyaan yang paling banyak mendapat tanda centang mendapat prioritas utama untuk dijawab. Cara yang dilakukan adalah peserta didik diminta mengacungkan tangan apabila guru menyebutkan jumlah-jumlah tertentu kemudian membacakan pertanyaannya.
  9. Peserta didik lain diminta mengidentifikasi kemungkinan ada pertanyaan yang sama dari yang dibacakan.
  10. Setelah pertanyaan dibacakan, maka kesempatan menjawab pertama diberikan kepada peserta didik yang tidak memberi tanda centang pada pertanyaan.
  11. Semua kertas pertanyaan dikumpulkan, karena kemungkinan ada pertanyaan yang perlu dijawab pada pertemuan berikutnya, sekaligus untuk direkapitulasi dan diidentifikasi serta dihitung kuantitas dan kualitas pertanyaan masing-masing peserta didik.
  12. Setelah selesai semua proses penerapan strategi pembelajaran dengan Questions Student Have, maka peserta didik diberi penilain pos tes untuk dua aspek, yaitu kognitif dan afektif.
  13. Untuk aspek kognitif, peserta diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal post test yang telah disiapkan.
  14. Sedangkan penilain afektif, peserta didik diminta menilai teman satu bangku tentang perilaku pelaksanaan shalat sunnah berjama'ah dan munfarid selama satu minggu ke belakang dengan cara memberi tanda centang pada kolom yang tersedia terhadap pernyataan yang telah dibuat.

C. KEGUNAAN
  1. Menggali informasi sebanyak-banyaknya secara kritis
  2. Mengecek pemahaman peserta didik
  3. Membangkitkan respon dan rasa ingin tahu
  4. Mengetahui sejauh mana keingintahuan peserta didik
  5. Mengetahui hal-hal yang sudah diketahui peserta didik
  6. Menfokuskan perhatian peserta didik pada sesuatu yang di kehendaki
  7. Untuk membangkitkan lebih banyak lagi pertanyaan
  8. Untuk menyegarkan kembali pengetahuan yang telah lalu
  9. Belajar menyusun kalimat untuk bertanya
  10. Melatih untuk berdisiplin, menumbuhkan rasa, bertanggung jawab dan menghargai.



No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top