Pentingnya perkembangan anak didik dimulai nilai-nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional, dan penerapan seni itulah yang perlu digali sejak dini atau sejak kecil menuju karakter cerdas generasi emas di usianya dan ketika bermain dengan teman seusianya, mereka sudah bisa memperlihatkan betapa senangnya bunda apabila sudah mampu menunjukan warna, menyebutkan nama hewan, menari dan bernyanyi. Disitulah letaknya kebahagiaan seorang Guru.
Merangsang saraf motorik melalui media gambar |
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN, DIANTARANYA :
I. NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL
1.
Mengenal
agama yang dianut
2.
Mengerjakan
ibadah
3.
Berperilaku
jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, dsb
4.
Menjaga
kebersihan diri dan lingkungan
5.
Mengetahui
hari besar agama
6.
Menghormati
(toleransi) agama orang lain
II. FISIK MOTORIK
A.
Motorik
Kasar
1.
Melakukan
gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan
kelincahan
2.
Melakukan
koordinasi gerakan mata-kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
3.
Melakukan
permainan fisik dengan aturan
4.
Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri
5.
Melakukan
kegiatan kebersihan diri
B.
Motorik
Halus
1.
Menggambar
sesuai gagasannya
2.
Meniru
bentuk
3.
Melakukan
eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4.
Menggunakan
alat tulis dan alat makan dengan benar
5.
Menggunting
sesuai dengan pola
6.
Menempel
gambar dengan tepat
7.
Mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara rinci
C.
Kesehatan
dan Perilaku Keselamatan
1.
Berat
badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi
badan sesuai standar usia
3.
Berat
badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar
kepala sesuai tingkat usia
5.
Menutup
hidung dan mulut (misal, ketika batuk dan bersin)
6.
Membersihkan,
dan membereskan tempat bermain
7.
Mengetahui
situasi yang membahayakan diri
8.
Memahami
tata cara menyebrang
9.
Mengenal
kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minuman keras)
III. KOGNITIF
A.
Belajar
dan Pemecahan Masalah
1.
Menunjukkan
aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi
ketika air ditumpahkan)
2.
Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan
diterima sosial
3.
Menerapkan
pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
4.
Menunjukkan
sikap kreatif dalam menyelesaikan
masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
B.
Berpikir
Logis
1.
Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; dan “paling/ter”
2.
Menunjukkan
inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: ”ayo
kita bermain pura-pura seperti burung”)
3.
Menyusun
perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4.
Mengenal
sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak,
air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
5.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.
Mengklasifikasikan
benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis,
atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
7.
Mengenal
pola ABCD-ABCD
8.
Mengurutkan
benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
C.
Berpikir
Simbolik
1.
Menyebutkan
lambang bilangan 1-10
2.
Menggunakan
lambang bilangan untuk menghitung
3.
Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan
4.
Mengenal
berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
5.
Merepresentasikan
berbagai macam benda dalam bentuk gambar
atau tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar pensil)
Baca Juga : Karakter Anak Usia 3-4 Tahun
IV. BAHASA
A.
Memahami
Bahasa
1.
Mengerti
beberapa perintah secara bersamaan
2.
Mengulang
kalimat yang lebih kompleks
3.
Memahami
aturan dalam suatu permainan
4.
Senang dan
menghargai bacaan
B.
Mengungkapkan
Bahasa
1.
Menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks
2.
Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.
Berkomunikasi
secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk
persiapan membaca, menulis dan berhitung
4.
Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
5.
Memiliki
lebih banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain
6.
Melanjutkan
sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7.
Menunjukkkan
pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita
C.
Keaksaraan
1.
Menyebutkan
simbol-simbol huruf yang dikenal
2.
Mengenal
suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
3.
Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
4.
Memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5.
Membaca
nama sendiri
6.
Menuliskan
nama sendiri
7.
Memahami
arti kata dalam cerita
V. SOSIAL EMOSIONAL
A.
Kesadaran
Diri
1.
Memperlihatkan
kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2.
Memperlihatkan
kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada
orang dewasa yang tepat)
3.
Mengenal
perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara
wajar)
B.
Rasa
Tanggungjawab Diri Sendiri dan Orang lain
1.
Tahu akan
hak nya
2.
Mentaati
aturan kelas (kegiatan, aturan)
3.
Mengatur
diri sendiri
4.
Bertanggung
jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
C.
Perilaku
Prososial
1.
Bermain
dengan teman sebaya
2.
Mengetahui
perasaan temannya dan merespon secara wajar
3.
Berbagi
dengan orang lain
4.
Menghargai
hak/pendapat/karya orang lain
5.
Menggunakan
cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan
fikiran untuk menyelesaikan masalah)
6.
Bersikap
kooperatif dengan teman
7.
Menunjukkan
sikap toleran
8.
Mengekspresikan
emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
9.
Mengenal
tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
VI. SENI
A.
Anak mampu
menikmati berbagai alunan lagu atau suara
1.
Anak
bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.
Memainkan
alat musik/instrumen/benda bersama teman
Intip hasil karya mereka yuk : Membalut Kaleng Bekas Dengan Kertas Kado
B.
Tertarik
dengan kegiatan seni
1.
Menyanyikan
lagu dengan sikap yang benar
2.
Menggunakan
berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan
suatu irama atau lagu tertentu
3.
Bermain
drama sederhana
4.
Menggambar
berbagai macam bentuk yang beragam
5.
Melukis
dengan berbagai cara dan objek
6.
Membuat
karya seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin,
balok, dll)
SUMBER :
STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) PAUD KURIKULUM 2013
PERMENDIKBUD
NO 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
No comments:
Post a Comment