Metode Snowball Throwing
A.
Deskripsi
Snowball Throwing adalah salah satu
model pembelajaran kooperatif. Model
pembelajaran ini dapat digunakan untuk memberikan konsep pemahaman materi yang
sulit kepada siswa. Metode Snowball Throwing juga untuk mengetahui sejauh mana
pengetahuan dan kemampuan siswa dalam menguasai materi tersebut.
Pada model pembelajaran Snowball
Throwing siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok. Dipilih ketua kelompok yang
akan mewakili untuk menerima tugas dari guru. Masing-masing siswa membuat
pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke
siswa lain kemudian siswa menjawab pertanyaan dari bola yang didapatkan.
Snowball Throwing
melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain, dan
menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok. Lemparan
pertanyaan menggunakan kertas berisi pertanyaan yang diremas menjadi sebuah
bola kertas kemudian dilemparkan kepada siswa lain. Siswa yang menerima bola
kertas lalu membuka dan menjawab pertanyaannya.
B.
Tahapan
Tahapan yang dilakukan dalam menerapkan
metode snowball throwing dalam
pembelajaran adalah sebagai berikut:
- Guru menyampaikan materi yang akan disajikan.
- Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
- Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
- Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama + 15 menit.
- Setelah siswa dapat satu bola diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.
- Evaluasi.
- Penutup.
C.
Kegunaan
Kegunaan atau manfaat yang bisa diambil
dari metode snowball throwing antara lain sebagai berikut:
- Kegiatan melempar bola pertanyan ini akan membuat kelompok menjadi dinamis, karena kegiatan siswa tidak hanya berpikir, menulis, bartanya, atau berbicara. Akan tetapi mereka juga melakukan aktivitas fisik yaitu menggulung kertas dan melemparkannya pada siswa lain.
- Tiap anggota kelompok akan mempersiapkan diri karena pada gilirannya mereka harus menjawab pertanyaan dari temannya yang terdapat dalam bola kertas.
- Guru berusaha memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan menyimpulkan isi berita atau informasi yang mereka peroleh dalam konteks nyata dan situasi yang kompleks.
- Guru juga memberikan pengalaman kepada siswa melalui pembelajaran terpadu dengan menggunakan proses yang saling berkaitan dalam situasi dan konteks komunikasi alamiah baik sosial, sains, hitungan dan lingkungan pergaulan.
D. Keunggulan
- Melatih kesiapan siswa dalam merumuskan pertanyaan dengan bersumber pada materi yang diajarkan serta saling memberikan pengetahuan.
- Siswa lebih memahami dan mengerti secara mendalam tentang materi pelajaran yang dipelajari. Hal ini disebabkan karena siswa mendapat penjelasan dari teman sebaya yang secara khusus disiapkan oleh guru serta mengerahkan penglihatan, pendengaran, menulis dan berbicara mengenai materi yang didiskusikan dalam kelompok
- Dapat membangkitkan keberanian siswa dalam mengemukakan pertanyaan kepada teman lain maupun guru.
- Melatih siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya dengan baik.
- Merangsang siswa mengemukakan pertanyaan sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan dalam pelajaran tersebut.
- Dapat mengurangi rasa takut siswa dalam bertanya kepada teman maupun guru.
- Siswa akan lebih mengerti makna kerjasama dalam menemukan pemecahan suatu masalah.
- Siswa akan memahami makna tanggung jawab.
- Siswa akan lebih bisa menerima keragaman atau heterogenitas suku, sosial, budaya, bakat dan intelegensia.
- Siswa akan terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya.
No comments:
Post a Comment