THINK,
PAIR AND SHARE
A.
Deskripsi
Metode Pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS)
melatih siswa bagaimana mengutarakan sebuah pendapat dan belajar menghargai
pendapat orang lain dengan tetap mengacu pada materi/tujuan pembelajaran.
Metode ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi,
siswa juga dapat belajar dari siswa lain serta saling menyampaikan idenya untuk
didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. Selain itu, penggunaan metode
pembelajaran Think,Pair, and Share (TPS) dapat memperbaiki rasa percaya diri
siswa karena semua siswa diberi kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam
kelas.
B.
Langkah-langkah
Langkah-langkah dalam metode
pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS) adalah sebagai berikut:
1)
Langkah 1 : Berfikir (Thinking)
a.
Guru mengajukan suatu
pertanyaan atau permasalahan yang dikaitkan dengan materi
b.
Guru meminta siswa menggunakan waktu beberapa
menit untuk berfikir sendiri jawaban atas pertanyaan atau masalah yang
diberikan. ( 5’)
c.
Siswa menuliskan jawabannya di
kertas yang telah disediakan (2’)
2) Langkah
2 : Berpasangan (Pairing)
a.
Guru meminta
siswa untuk berpasangan, maksimal 6 siswa per kelompok
b.
Siswa secara bergantian
menyampaikan ide atau gagasannya atas pertanyaan atau masalah (10’)
c. kelompok
tersebut menyimpulkan gagasan baru dari hasil diskusi ( 10’) dan dituliskan di
kertas plano berupa kata kunci yang
dibatasi dan dengan gambar atau simbol
3)
Langkah 3 : Berbagi
(Sharing)
a.
kelompok Siswa mempresentasikan hasil kesimpulan gagasan atau idenya di depan
kelas, ( tiap kelompok 5’).
b.
Kelompok lain memberikan
tanggapan .
c. Guru
memberikan penguatan dan motivasi sesuai content
C.
Kegunaan
1) Mudah
dilaksanakan dalam kelas yang besar.
2) Melatih
siswa untuk menyampaikan pendapat atau ide.
3) Melatih
siswa untuk menghargai pendapat orang lain
4) Meningkatkan
rasa percaya diri siswa
5) Meningkatkan
daya berpikir siswa untuk memecahkan masalah
6)
Meningkatkan
keaktifan siswa untuk terlibat dalam pembelajaran
No comments:
Post a Comment